OSIS

BEWARA!!! (STULAP 2010)

STULAP —studi lapangan 2010?? mungkin udah ga aneh lagi didengar telinga banyak siswa. Nah ,acara stulap ini rutin dilaksanakan dua kali dalam satu semesteryang diadakan oleh sekolah kita tercinta ini .dan pada semester kedua ini sekolah kita ngadain stulap ke Balai Inseminasi Buatan (BIB) dan Balai Penelitian Tanaman Sayuran(Balitsa). Pada tanggal 25 februari 2010, di Lembang.

so1Tempat Pertama yang kami singgahi yaitu Balai Inseminasi Buatan. Dengan riang dan semangat tinggi kami mendengarkan penjelasan dari ibu pembina. kamipun jadi tahu bahwa Inseminasi buatan adalah pemasukan semen ke dalam saluran kelamin betina dengan menggunakan alat-alat buatan manusia dan bukan secara alami.

Ibu pembina pun memperlihatkan bagaimana proses terjadinya inseminasi buatan.mulai dari pengambilan sperma sapi dengan cara memancingnya dengan boneka sapi buatan atau disebut juga dengan dummycow. selain itu, ada cara lain seperti pijat, elektroejakulasi dan Artiificial vagina(vagina buatan). setelah pengambilan sperma dibekukan dengan bantuan nitrogen cair dengan suhu -198 derajat celcius. Lalu dicairkan dan dimasukan ke dalam straw dijual ke masyarakat umum dengan harga sekitar Rp 6000,-.

Setelah itu kami pun pergi ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran yang tak jauh dari tempat pertama. Saat memasuki kawasan Balitsa kami di suguhkan pemandangan yang sangat luar biasa. Kebun-kebun sayuran terhampar membentang di hadapan kami. Langit bersih menaungi kami,, Udara sejuk membuat kami lebih segar.tak ada kata lebih indah yang bisa dikatakan selain subhanallah,…tak henti hentinya kami berdecak kagum.

Kami pun di sambut ramah oleh bapak bapak dari balitsa. Beliau mengajak kami ke aula untuk memperkenalkan profil Balitsa . Setelah itu hal yang paling kami tunggu pun tiba. Kami diajak Mengelilingi kebun sayuran. Kebun Kentang, cabai, tomat, kol, bawang-bawangan, kacang-kacangan dan sebagainya berserakan di mana-mana.kami melihat bagaimana sayuran-sayuran tersebut tumbuh lebat. juga diperlihatkan bibit –bibit sayuran yang berjejer rapi.

SO2Ada satu hal yang menarik saat melihat bibit terong kuning..warnanya oranye cerah dan bentuknya yang unik seperti pokemon bertanduk 3 🙂

Setelah puas mengelilingi kebun dan menanyakan pertanyaan seputar sayuran kamipun berpamitan dengan bapak yang membimbing kami selama perjalanan.

Acarapun ditutup dengan hamdalah.dan kamipun pulang dengan membawa perasaan yang puas.Acara hari ini sangat memberi banyak pelajaran dan pengetahuan,,semoga acara Stulap selanjutnya bisa lebih mengasyikan. 🙂 Amin^^

By: azalia

Editor: Elbaliem