Nature Reseach Pertama

Nature Research atau yang biasa disebut sebagai NR adalah salah satu kegiatan dari sekolah SMAIT MiftahulKhoir Bandung. Bagi saya yang merupakan siswa pindahan kelas 12, ini adalah pengalaman pertama dan juga terakhir dalam mengikuti kegiatan NR. Kegiatan ini dirutinkan 1 kali setiap tahunnya.

Awalnya saya juga tidak tahu apa itu NR sampai pada akhirnya para guru dan juga teman-teman memberitahukan apa NR itu sebenarnya. NR adalah kegiatan saat seluruh siswa-siswi SMAIT Mifkho melakukan penelitian kedaerah luar Bandung. Ini adalah salah satu petualang bagi saya.

Untuk NR kali ini kami melakukanpenelitian di Pantai Cidora (atauChidori, seperti yang dikatakan teman-temansaya) dan Pantai Rancabuaya, atau Ranca-Crocodile (yang juga dikatakan oleh anak-anak Mifkho). Pemandangan dari kedua pantai itu sendiri sangatlah mengagumkan. Sangat jarang saya bias bermain dipantai. Kami juga dibagi menjadi beberapa kelompok dengan materi penelitian yang berbeda-beda.

Dissolved Oxygen, itu adalah materi yang diberikan kepada kelompok saya. Untuk penelitian, kelompok saya menghitung kadar larutan oksigen air laut cidora dan juga rancabu aya dan saat itu adalah saat yang menyenangkan!, menaiki karang, melihat alga, mencampurkan beberapa cairan kimia sampai ada suatu insiden dan pengalaman barulainnya yang saya dapatkan.

Dalamkegiatan NR kami juga diajarkan untuk membuat laporan dan bukan hanya sekedar membuat, tetapi mempertanggung jawabkan hasil laporan itu juga. Masa-masa sulitya itu setelah pulang meneliti dan kami semua stress dalam pengerjaan laporan yang belum direvisi sebelum hari sidang. Tetapi denganitu, kami  bisabelajar untuk lebih bertanggungjawab.

Dengan kegiatan NR ini, begitu banyak pengalaman baru yang bias saya dapatkan. Menjadi kepribadian yang lebihbaik adalah salah satu yang saya dapatkan dalam kegiatan NR ini, kita diajarkan untuk mandiri, kuat dan juga bertanggungjawab atas apa yang kita sampaikan.

Saya juga merasa bahwa saya lebih dekat dengan teman-teman di mifkho setelah kegiatan ini. Dalam masa sulitpun kami lewati dengan candadan juga tawa, seperti masa-masa sulit itupun berlalu dengan sangat manis. Dimana ada kesulitan disitu juga ada kebahagiaan, seperti laporan yang belum direvisi tetapi disana ada guru dan juga teman Mifkho yang menghibur.

Fildzah  Adani I., Kelas XII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *